XADO telah mengembangkan proses revitalisasi mekanikal yang cukup
unik. Proses ini merubah cara operasi serta perawatan mesin di seluruh
dunia. Perusahaan transport dan industri, pembangkit listrik, bengkel
perawatan mobil dan beberapa customer di dunia telah merasakan
keuntungan dari revolusi teknologi terbaru kami. XADO menawarkan
spesifikasi desain gel dan grease untuk me-revitalisasi dan perawatan
mesin, joint serta unit dengan cara yang berbeda:
• Mesin Bensin
• Pompa Power Steering
• Bearing / Lahar
• Mesin Diesel • High Pressure Fuel System
• Compressor
• Gear Box dan Differential
• Cylinder
1. Apa yang dimaksud Revitalisasi?
Kata
revitalisasi (diambil dari bahasa latin “vita” yang berarti hidup) yang
bermakna menghidupkan kembali. Fenomena dari revitalisasi merupakan
dasar yang sangat unik dalam proses kimia-fisika ketika terjadi di dalam
kondisi zona gesek ( friction zone).
XADO merupakan
material pembangun dan activator energi yang sangat unik yang
menghasilkan sebuah permukaan baru dengan memanfaatkan tenaga panas dari
hasil gesekan. Proses revitalisasi berhenti bila geometri part telah
terbentuk. Revitalisasi akan memproteksi seluruh permukaan part menjadi
sangat halus (seperti permukaan kaca)
2. Bagaimana cara kerjanya?
Revitalisasi
XADO menambah dengan menyesuaikan ketebalan micron sesuai kebutuhan
pada elemen yang tergesek, “ratusan” part pada bagian mesin dan
“puluhan” part pada bagian roda gigi. Ini yang dinamakan PERBAIKAN (
REPAIR )
3. Kandungan apa yang terdapat pada coating ini ( XADO ) ?
XADO
merupakan permukaan coating yang sangat keras, sangat halus, dan tahan
terhadap korosi. Mempunyai micro hardness 650 – 750 kg/mm. Kehalusan
permukaan part baru antara 0.9 sampai 2.1 Ra, yang mana Xado akan
meyakinkan anda akan kehalusan permukaan setelah revitalisasi menjadi
0.06 Ra
4. Apakah penambahan lapisan akan menambah ukuran dari mesin (piston, silinder)?
Tidak,
tidak akan terjadi. proses revitalisasi merupakan suatu cara tersendiri
untuk mencapai terbentuknya permukaan baru. Revitalisasi akan aktif
pada bagian yang telah rusak secara ekstrim dimana terdapat kondisi :
gesekan yang berlebihan, suhu tinggi, tekanan ekstrim. Permukaan akan di
rekondisikan dan terbentuk sebuah lapisan baru, proses akan terhenti
dan tidak berkembang dimana sudah tidak terdapat kondisi seperti diatas.
5. Saya mempunyai kendaraan baru. Mengapa saya membutuhkan XADO ?
Operasional
kendaraan merupakan sebuah periode waktu untuk penyesuaian dari part.
Selama periode ini lapisan permukaan akan terjadi aus. XADO revitalisasi
akan meminimalkan kerugian dari keausan selama menjalankan kendaraan
dan memberikan kesempatan sangat unik untuk memproteksi dan menyesuaikan
part dengan lapisan cermet.
6. Saya baru saja melakukan Overhaul, apakah membutuhkan XADO ?
XADO
revitalisasi merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk mesin yang
telah di overhaul. Selama overhaul pada umumnya sangat tidak mungkin
mendapati kekerasan permukaan part seperti part original (suku cadang
asli). XADO bisa me-rekondisikan dan mengembalikan kekerasan permukaan
part.
7. Akankah permukaan yang telah terbentuk mengelupas selama bekerja ?
Tidak,
tidak akan mengelupas. Ini adalah penyatuan ( bukan penempelan ) pada
metal dan hasil revitalisasi merupakan sebuah kesatuan ( monolithic )
dan crystal solid yang terbentuk pada kedalaman 10 - 30μm. Kemudian
tidak ada batasan antara permukaan matrix dengan lapisan yang dibentuk
8. Mengapa jumlah gel yang diaplikasi harus disesuaikan dengan jumlah volume oli tapi tidak terhadap tingkat keausan?
Karena
jumlah oli di dalam mesin dan beberapa joints serta unit sudah
terhitung secara proporsi di permukaan gesekan (zona gesekan). Karena
hal yang dapat dihitung adalah di system volume oli dan mencukupi
hitungan jumlah gel untuk memperbaiki pada keausan.
9. Mana yang terbaik untuk treatment, oli mineral atau oli sintetik ?
Tidak
ada perbedaan karena revitalisasi cocok digunakan pada berbagai macam
oli dan bahan bakar. Tidak ada reaksi terhadapnya dan tidak merubah
viscositas (kekentalan). Oli hanya sebagai pembawa gel revitalisasi pada
area permukaan gesekan. XADO tidak untuk oli, tapi untuk memperbaiki
(repair).
10. Haruskah oli diganti sebelum treatment mesin?
Tidak harus. Tetapi diharuskan ganti, bila masa pakai oli tidak mencukupi untuk semua langkah revitalisasi (1600 km).
11. Apakah XADO akan tetap berada didalam Crankcase saat mobil diparkir untuk waktu yang lama?
Ini
tidak akan terjadi jika anda mengikuti petunjuk aplikasi XADO. XADO
hanya diaplikasikan pada mesin dalam keadaan hangat. Mesin kemudian
dihidupkan kurang lebih 2 menit saat idle. Ini untuk membawa gel
revitalisasi ke zona permukaan gesekan.
12. Haruskah saya menambah XADO setiap kali mengganti oli?
Tidak.
Lapisan yang telah terbentuk dalam proses revitalisasi (pertama kali)
selama menjalankan kendaraan dengan jarak tempuh 930 – 1240 mil ( 1500 –
2000 km ). Setelah treatment anda harus mengganti oli seperti biasa.
Efek Xado akan bertahan sampai beberapa kali penggantian oli ( sampai
100.000 km )
13. Bagaimana cara XADO dapat menghemat bahan bakar?
Sesuai
prinsip teknikal, penggunaan bahan bakar yang berlebihan diakibatkan
oleh keausan dari grup piston – silinder. Setelah revitalisasi geometri
dari part akan kembali terbentuk, dan pemakaian bahan bakar akan kembali
normal.
Sebagai tambahan, factor gesekan yang rendah (
kehalusan permukaan dari 0.9 sampai 2.1Ra akan diisi secara bertahap
menjadi kehalusan permukaan 0.06Ra) secara signifikan akan mengurangi
kerugian dari gesekan. Dengan hasil ini, anda akan menghemat sampai 30%
bahan bakar saat idle dan 5 – 7% bahan bakar ketika menjalankan
kendaraan.
14. Dapatkah saya men-treatment mesin 2 tak ?
Ini
adalah formula special, gel untuk merekondisi silinder mesin 2 tak. Ini
dapat digunakan untuk treatment semua mesin baik itu jenis scooter,
mesin potong rumput dan mesin pemotong (chain saw)
15. Saya membeli mobil bekas dan mendapatkan info dari pemakai lama menggunakan beberapa additive oli. Dapatkah saya menggunakan XADO untuk kasus ini ?
Tentu bisa, anda dapat melakukannya. Revitalisasi XADO sangat cocok dengan berbagai jenis additive.
16. Jika anda pernah terpengaruh oleh iklan lama, yang bermakna; mungkinkah berkendara tanpa oli sama sekali?
XADO
tidak merekomendasikan anda menjalankan kendaraan tanpa pelumas.
Prosedur revitalisasi XADO untuk repair / perbaikan, rekondisi dan
memproteksi mesin. Kami telah menyampaikan pada anda tentang menjalankan
kendaraan dengan crankcase kering ( tanpa pelumas ) hanya untuk demo
kwalitas dari lapisan XADO, dan itu untuk meyakinkan anda, dengan
treatment pada kendaraan anda. Anda dapat memproteksi dalam keadaan yang
sangat ekstrim. Disamping perbaikan dan keuntungan (uang), kendaraan
anda diproteksi dengan XADO, silahkan anda menghitungnya sendiri !
17. Sampai kapan pelapisan ini akan tercapai?
Berbicara
kompresi / tekanan dalam silinder sebelum treatment sekitar 142.2 psi
(10kgf/cm²) dan setelah treatment akan mencapai 184.9 psi (13kgf/cm²).
Manufaktur menjamin performa ini akan mencapai 1 tahun berjalan. Secara
singkat, performa tidak akan berkurang bila kendaraan anda berjalan
60.000 mil (100.000 km). Kemudian, anda dapat mentreatment mesin
kembali.
18. Dapatkah semua kompresor di treatment dengan teknologi XADO ?
Ya,
secara praktis semua kompresor dapat ditreatment dengan teknologi XADO.
Keuntungan dari treatment adalah : menaikkan tekanan pelumas,
mengurangi clearance dalam gear, mengurangi bentuk oval dan kemiringan
dari group piston – silinder dan merekondisikan permukaan yang bergesek
sampai 0.5mm. Oksigen kompresor tidak dapat ditreatment dengan XADO
karena bukan pelumas.
19. Apa lapisan tersebut terbentuk pada non-ferrous metals ( non metal ) ?
Ya, lapisan terbentuk pada seluruh metal yang bergesekan, termasuk non-ferrous metal dan metal alloy lainnya.
20. Apa XADO merupakan toxic (zat beracun) ?
Tidak. Seluruh produk mempunyai izin sanitasi untuk digunakan dalam industri makanan dan telah mendapat sertifkat higienis.
Read More